26 Mei 2011

Persiapan Membuat Website (part-1)

Diposting oleh Rini Andarstuti di 8:41:00 PM 0 komentar
A. Apa itu website?
Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponent atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
Website Statis
Website Dinamis
Website Interaktif

Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.

Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.

Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.

B. Untuk mengakses suatu website, dibutuhkan web browser. Lalu apa itu Web Browser?
Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga sebagai perambah atau peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. (wikipedia).

Secara sederhana browser bisa kita definisikan sebagai sebuah alat bantu yang terinstall pada suatu komputer yang membantu kita untuk menampilkan sumber informasi dari internet. Browser ini menjadi sangat penting bagi aktifitas internet, oleh karenanya muncul istilah browsing, apa itu browsing? browsing adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan aktifitas seseorang ketika menjelajahi sebuah situs.

C. Untuk membuat sebuah website dibutuhkan 3 bagian utama yang harus dipahami dengan baik terlebih dahulu:
1. Domain
2. Hosting
3. Software Website

1. Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh blogbisnisinternet.com, blogbisnisinternet adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Untuk memilih nama domain Anda bisa menggunakan website yang menyediakan jasa registrasi nama domain atau dengan menggunakan software domain tools untuk membantu memilih nama domain untuk website Anda.
Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali Anda harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila Anda tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain Anda expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

2. Hosting adalah tempat Anda meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting.

Harga dari sebuah paket hosting bermacam-macam, tergantung fasilitas yang diberikan. Anda bisa membeli paket hosting di luar negeri maupun di Indonesia.

Dalam memilih paket Hosting, Anda beberapa hal yang perlu diperhatian yaitu:

-Sistem Server yang digunakan apakah Linux atau Windows. Hal ini akan menentukan software dan bahasa pemograman website yang bisa digunakan.
-Besaran Disk Space yang diberikan. Disk Space adalah kapasitas pada server hosting yang diberikan untuk Anda, untuk menyimpan file-file website Anda. Seperti besaran space untuk menyimpan file Anda di komputer Anda. Tentunya pilihan terbaik adalah paket hosting yang memberikan Disk Space yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
-Besaran Bandwidth yang diberikan. Bandwidth adalah kapasitas akses perbulan yang diberikan untuk mengakses website Anda. Setiap orang yang membuka website atau mendownload file dari website Anda agar bisa ditampilkan pada browser firefox atau internet explorer-nya akan mendownload file Anda, hal tersebut akan memakan bandwidth. Dan kapasitas pemakaian bandwidth ini akan direset setiap awal bulan.
-Domains Allowed. Jumlah domain yang bisa digunakan dalam sebuah paket hosting. Anda bisa menggunakan 1 buah paket hosting untuk semua domain Anda bila paket hosting tersebut memberikan akses untuk itu, dan Anda juga perlu mempertimbangkan besarnya disk space maupun bandwiidth yang diberikan, apakah cukup untuk menjalankan domain-domain Anda.
-Jumlah Database yang diijinkan. Contoh untuk Linux, berapa banyak jumlah database MySQL yang diijinkan.

Untuk pembelian domain dan hosting ini tidak perlu Anda lakukan pada satu buah perusahaan. Anda bisa membelinya dari tempat-tempat yang berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan antara domain dan hosting ini dengan melakukan setting DNS (Domain Name Server) pada account domain Anda. Hal ini dilakukan untuk mengkoneksi domain dengan hosting.

3. Software penyusun web ada banyak. Mulai dari software penyusun utama (web editor), software pembentuk desain, software animasi, software upload (FileZilla FTP, Cute FTP), dan beberapa software tambahan yg dirasa perlu.


-bersambung-

23 Mei 2011

Menjadi Ayah Tidaklah Mudah

Diposting oleh Rini Andarstuti di 10:16:00 AM 0 komentar
Menjadi ayah tidaklah mudah.
But i have a wonderful paph..i know.

Sejak umur 1-3 tahun aku tidak pernah tahu bagaimana itu dirawat orangtuaku. Karena selama usia tersebut, aku harus hidup dengan nenekku karena adik bayiku baru lahir di keluarga kami.

Namun cinta itu tidak mengenal ruang.

Aku memiliki seorang ayah yang ajaib.
Ketika kecil dia menakutiku cicak saat aku rewel tidak mau tidur. Dan akupun seperti terhipnotis: berhenti menangis.
Dia mengajakku bermain setiap sore di sekolah tempatnya mengajar. Mungkin supaya aku tau, "di sinilah bapak bekerja..."
Dia membawaku arisan ibu-ibu istri para guru, tanpa sadar bahwa celana yang dipakaikan ke aku ternyata terbalik.
Dia selalu mencuci piring dengan berantakan jika kami bertiga meninggalkannya mudik ke Mataram.

Aku memiliki seorang ayah yang aneh.
Dia selalu menertawakan setiap cerita yang kusampaikan. Entah apa yang lucu dari ceritaku.
Dia menelepon kami semua hampir 3 kali sehari hanya untuk bertanya ”Sedang dimana? Ngapain? Sama siapa?” Jika kondisi sedang berbeda, bisa sampai 10 kali sehari.
Dia lebih senang membelikanku komik daripada buku sekolah. Karena baginya: buku sekolah bisa Rini beli sendiri di sekolah, sedangkan komik adalah pelepas penat sehabis belajar.
Untuk memotivasi belajarku, dia menghadiahkanku sebuah lemari pakaian baru dilengkapi cermin besar, bukan sebuah meja belajar baru.
Dia membelikanku coklat “Beng-beng” setiap aku mendapat juara kelas ketika SD dulu, pada saat orangtua lain tak suka anaknya memakan coklat.
Dia membelikanku berbagai jenis baju tidur, bukan baju untuk pesta, mungkin karena dia tau bahwa hobiku adalah tidur.

Namun cinta itu tidak mengenal waktu.

Aku memiliki seorang ayah yang optimis.
Dia memasukkanku sekolah di tempat-tempat yang tidak pernah kuinginkan, namun dia menginginkannya. Menurutnya aku pasti bisa.
Dia mengirimku jauh ke Pulau Jawa dalam keadaan aku sering sakit, katanya supaya aku bisa belajar bertahan hidup.
Dia melarangku mendaftar kerja di tempat tertentu sesukaku, karena baginya...jangan asal daftar..pikirkan dengan baik konsekuensinya.
Dia menyuruhku mendaftar sebagai CPNS dan kuliah S2 sekaligus dan dia tidak khawatir aku akan bingung memilih, karena baginya aku pasti tau mana yang terbaik.

Aku memiliki seorang ayah yang membangun.
Dia melarangku melakukan kegiatan apapun yang dapat menggangu kuliahku, namun dia tetap tersenyum ketika aku bercerita berapa labaku hari ini dari hasil bisnis selama kuliah.
Dia tidak suka segala hal yang berhubungan dengan bisnis, namun dia selalu menanyakan kepadaku tentang rencana membuat toko.
Dia tidak suka internet. Tapi dia memasangkan Spidi di kamarku agar aku bebas berekspresi.

Namun cinta itu tidak mengenal lelah.

Aku memiliki seorang ayah yang cerewet.
Dia membangunkanku setiap pagi tanpa henti sampai dia yakin aku benar-benar bangun dari kasur dan pergi ke kamar mandi.
Dia selalu berangkat kerja pukul 06.40 setiap hari padahal jarak kantornya dengan rumah kami hanya 5 menit berjalan kaki. Dan ketika aku sudah mulai bekerja, dia tidak lagi berangkat pukul 06.40 tapi menungguku berangkat terlebih dahulu baru dia benar-benar berangkat kerja. Padahal semua orang tau…aku tidak suka berangkat terlalu pagi…di sanalah penyesuaian itu….dan aku sangat menghargainya.

Aku memiliki seorang ayah yang berjiwa besar.
Dimana pada suatu hari di masa lalu…aku tiba-tiba berkata:
“bapak sudah pilihkan semua yang terbaik untuk rini menurut bapak, jadi sekarang tunggulah…rini akan pilih sendiri lelaki terbaik menurut rini untuk rini bawa ke bapak sebagai calon suami, tolong diterima ya…” :)

Karena cinta itu tidak mengenal ambisi...
 

::Hanya usaha untuk membuat kenangan... Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez