02 Agustus 2011

Search Engine

Diposting oleh Rini Andarstuti di 10:28:00 AM

A. Pengertian Search Engine
Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung.

Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

Algoritma ini terus berkembang karena perkembangan teknologi yang ada di samping banyak website yang berusaha agar website dia muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Umumnya, struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut.
1. kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian
2. tombol pencarian utuk menjalankan perintah pencarian.
Informasi di internet setiap saat akan terus berubah dan bertambah. Oleh karena itu sebuah mesin pencari harus terus memperbaharui database yang dimilikinya. Untuk melakukan hal ini mesin pencari dilengkapi sebuah program yang berjalan seperti robot. Disebut robot karena dia dapat bekerja sendiri tanpa harus dijalankan atau diperintahkan terlebih dahulu.program tersebut disebut dengan spider, bot, atau crawler. Setiap selang waktu tertentu, program “robot”tersebut akan menjelajahi intrnet, membaca dokumen-dokumen yang ada di internet, meringkasnya, dan kemiudia menyimpan di database dengan menggunakan system pengindex-an.

Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu :
1. mempunyai database yang besar dan sering diperbaharui.
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan.
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehigga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya.
Selain itu kita perlu mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita bisa mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.

B. Sejarah Perkembangan Search Engine
Perkembangan search engine berawal dari diciptakannya perangkat lunak yang bernama Archie oleh Alan Emtage, seorang mahasiswa dari Universitas McGill, Montreal, Kanada, pada tahun 1990. Perangkat lunak Archie mampu mengindex file-file terdapat pada FTP server publik. Ini merupakan aplikasi pertama yang digunakan untuk mencari informasi di internet, sehingga Archie dinobatkan sebagai nenek moyang dari search engine.

Search engine berikutnya adalah Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And Display), yang mampu mengindex halaman-halaman plain text yang terdapat pada server gopher.
World Wide Web Wanderer merupakan aplikasi search engine pertama yang menggunakan teknologi robot dalam melakukan proses indeks halaman-halaman web yang terdapat pada web server. Aplikasi ini dirintis oleh Matthew Gray, seorang mahasiswa dari MIT, namun sayang, aplikasi ini menimbulkan kontroversi, karena akibat dari kinerja robot ini menghabiskan bandwith yang sangat besar.
Berikutnya, pada tahun 1993, Martijn Koster membuat ALIWEB (Archie-Like Indexing of the Web). ALIWEB mengizinkan pengguna internet untuk men-submit halaman webnya untuk di indeks dengan teknologi kumpulan meta-data
Aplikasi-aplikasi diataslah yang menginspirasi lahirnya teknologi-teknologi search engine yang baru, mulai dari munculnya website search engine webcrawler, yahoo, lycos, altavista, excite, hotbot, alltheweb, google, baidu dan banyak lagi yang lainnya.

sumber: wikipedia Indonesia
www.urangbanua.com

1 komentar:

sobirin_stmik@com on 11 Agustus, 2011 11:42 mengatakan...

semuanya ya bagus-bagus aja

 

::Hanya usaha untuk membuat kenangan... Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez