07 Desember 2009

"Semua Ada Masanya"

Diposting oleh Rini Andarstuti di 8:49:00 PM

Banyak waktu luang belakangan ini membuat saya berpikir kembali, mengingat kembali...sudah hampir menua saja usia saya. Hmmm...banyak yang berubah kata orang. Dan saya merasakan itu. Entahlah perubahan apa yang mereka lihat, mungkin lebih baik, mungkin juga sebaliknya. Namun semua itu tidak jauh dari usaha saya untuk mengubah segalanya....

Well, banyak yang telah terjadi tahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya. Mengapa membahas ini? Ingin mengenang? Tidak. Karena ini adalah masa akhir tahun. Saya tidak suka dengan kenangan yang tidak ingin saya kenang. Apapun itu, saya bisa menghapusnya dengan cepat. Kata sebagian orang, itu adalah tindakan ekstrim. Tapi tidak bagi saya, itu adalah cara terbijak yang mungkin saya lakukan. Namun, untuk hal-hal penting dalam hidup saya...akan terkenang selamanya, insya Allah.

Semua ada masanya....Masa ketika saya benar-benar keras kepala dan tidak suka diatur. Bagi saya kala itu, alasan-alasan yang tak saya sukai tak akan bisa saya terima. Semua harus berjalan seperti yang saya mau, bukan seperti yang orang lain mau. Karena saya sudah memperhitungkannya dengan matang, jadi gunakanlah cara saya. Yup! Pemikiran egois anak muda yang baru kenal dunia... :)

Semua ada masanya....Masa ketika saya beranjak SMA, yang dengan itu adalah tanda bahwa saya sudah berhak atas diri saya. Saya tidak nakal seperti remaja lainnya memang, dan saya tidak pernah menjalani kehidupan seperti itu. Tapi, saya kala itu adalah remaja yang persahabatannya terbatas pada orang-orang tertentu saja. Bukan, bukan alasan sosial atau apa, tapi lebih kepada kenyamanan. Bagi saya, dunia saya adalah dunia saya dan teman-teman saya saja...tidak ada tempat untuk orang baru. Keterbatasan di masa muda yang indah... :)

Semua ada masanya....Masa ketika saya tumbuh menjadi pribadi 'aku' yang tak boleh diusik. Saya tidak suka mengusik kehidupan orang lain, kecuekan saya sudah mencapai level tinggi mungkin, hehehehe...maka dari itu, saya sangat tidak suka diganggu ketika masa damai seperti ini. Lagi-lagi...masa yang penuh kenangan... :)

Semua ada masanya....Masa ketika saya pertama kali hidup terpisah dari orang tua. Anyway, saya memang keras kepala, saya pintar menyimpan segalanya...tapi saya tidak pernah berbohong pada orang tua saya. Ini yang selalu saya jaga. Masa-masa awal kuliah adalah pembelajaran abadi atas arti hidup. Ketika tak ada yang dekat, ketika semua harus dikerjakan sendiri, ketika diberi kepercayaan penuh untuk itu....dan ketika semuanya rawan antara 'benar' dan 'salah'.

Saya mengenang, saya mengingat, lalu saya tau, dan saya berubah....Harus ada yang berubah memang! Mungkin saya bukan orang yang masuk dalam kriteria Rasulullah untuk selalu berubah setiap hari, saya belum bisa begitu. Tapi saya ingin selalu berubah, mungkin dalam skala minggu, bulan, atau bahkan tahun....Mau kemana hidup saya ini???

Memang, sampai sekarang masih tersisa fosil-fosil masa lalu saya, sikap saya, sifat saya, gaya saya, cara saya, dan pemikiran saya yang tidak akan berubah. Inilah karakter! Saya tak bisa mengubahnya...karena mengubah sikap tidak sama dengan mengubah sifat.

Saya masih seperti dulu...lebih senang diam di rumah dan mendekam di kamar saya. Saya tidak suka keramaian dan terjebak di antara orang-orang yang tidak saya kenal. Saya lebih suka mematung di antara mereka tanpa menyumbangkan sepatah katapun. Saya tidak suka persahabatan pamrih. Ada banyak teman yang sangat saya hargai sampai saat ini karena kesetiaan mereka menjadi teman saya, dan karena penerimaan mereka yang luar biasa! Saya tidak suka kegiatan fisik yang banyak menguras tenaga saya. Lebih baik berpikir tentang planing daripada berkeliaran tak jelas tujuannya.

Dan akhirnya, semua ada masanya...ketika nanti saya bertambah tua dan akan mengenang dunia, tapi ingin yang tergores disana adalah tinta emas perjalanan kita...menyambut usia. Bersemangatlah sahabatku!!!

With Love,

-Rini Andarstuti-

0 komentar:

 

::Hanya usaha untuk membuat kenangan... Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez