12 Agustus 2011

Persiapan Membuat Website (part-3)

Diposting oleh Rini Andarstuti di 9:44:00 AM

Menyambung materi sebelumnya tentang persiapan membuat web, ketika sebuah web sudah ditentukan dengan jelas tujuan dan seluruh kompenennya, dalam artian sudah siap untuk dilaunching, maka yang paling utama adalah menentukan nama domain dan jasa sewa hosting yang akan anda gunakan.

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai alamat website anda di internet. Sebenarnya domain ini untuk mempermudah user dalam mengingat alamat sebuah web. Coba bayangkan jika harus menghafal angka-angka misalkan 202.134.0.155 dan kombinasi lainnya yang merupakan alamat dasar dari sebuah web, tentu sangat menyulitkan. Maka dari itulah domain berupa nama ringkas yang mendeskripsikan website tersebut.

Domain biasanya disewa pertahun, dengan tarif yang berbeda-beda tergantung akhiran yang digunakan. Umumnya akhiran yang digunakan untuk sebuah website komersil adalah .com, untuk web resmi pemerintah .go.id, untuk organisasi .org, dan untuk lembaga pendidikan resmi .ac.id.

Sedangkan hosting adalah tempat meletakkan file-file website pada sebuah server yang terhubung dengan internet. Biasanya disewa pertahun, per bulan dan per enam bulanatau disesuaikan.

Jika sebuah web memiliki tarif sewa domain pertahun Rp.100.000 lalu sewa hosting pertahun Rp 200.000, maka seorang pemilik web haus menyediakan Rp 300.000 pertahun untuk pembayaran tarif sewa. Pembayaran ini harus dibayar setiap tahun pada tanggal maksimal yang sudah disepakati bersama antara pemilik web dengan penyedia layanan hosting.

Dalam pemilihan domain sebaiknya disesuaikan dengan target pengunjung yang diharapkan dari Search Engine nantinya. Kemudian dalam pemilihan hosting sebaiknya dipikirkan untuk jangka panjangnya juga, bukan sekedar menyewa dengan harga murah dan kapasitas secukupnya namun ternyata tidak mampu menangani kebutuhan seluruh pengunjung website kita atau mungkin menyewa dengan kapasitas besar dan harga mahal namun ternyata sia-sia karena banyak space kosong yang tidak dimanfaatkan.

Sumber: dari berbagai sumber

2 komentar:

YOGYAKARTA on 26 September, 2011 13:27 mengatakan...

wow this really good blog content

Rini Andarstuti on 22 November, 2011 08:33 mengatakan...

Tengkiu... ^^

 

::Hanya usaha untuk membuat kenangan... Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez